BLT 600 Ribu Di Kota Padang Segera Disalurkan, Begini Mekanismenya, Bagaimana Di Daerah Kalian?



Padang, Padangkita.com – Proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) yang terdampak Covid-19 dari pemerintah kota mulai menemui titik terang.

Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi mengatakan proses pembukaan rekening untuk penyaluran dana tersebut telah dilakukan di Bank Nagari.


“Petugas Bank Nagari telah mendatangi seluruh Kecamatan di Kota Padang untuk membuka rekening kelurahan,” katanya, Selasa (12/5/2020).


Dirinya menjelaskan di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, para Lurah tidak diperkenankan untuk datang bersama-sama ke Bank Nagari untuk membuka rekening Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19. Sehingga pihak Bank yang mendatangi Kecamatan dan mengumpulkan lurah untuk menandatangani pembukaan rekening.

“Pihak Bank yang datang dan mengumpulkan lurah untuk tanda tangan pembukaan rekening,” jelasnya.


Baca juga: Mahyeldi: Jika Belum Dapat Bantuan Lapor RT/RW

Afriadi berharap pembukaan rekening bisa dituntaskan hari ini, Rabu (13/5/2020) agar uang bisa segera ditransfer ke rekening kelurahan.


Untuk diketahui, masyarakat Kota Padang penerima BLT berjumlah 74.126 Kepala Keluarga (KK) dengan nominal Rp600 ribu per KK yang akan langsung diantarkan ketua RT ke rumah masyarakat yang tercatat sebagai penerima.

Dirinya meminta kelurahan dan RT teliti dalam penyaluran bantuan. Jika ditemukan penerima ganda, penerima meninggal dunia atau pindah tempat atau masyarakat yang tidak berhak mendapatkan bantuan agar tidak memberikan BLT tersebut.

Ia juga mengimbau bagi masyarakat Kota Padang yang terdampak Covid-19 namun belum masuk dalam penerima bantuan dari Kemensos RI, Pemprov Sumbar maupun dari Pemko Padang untuk melapor ke RT dan kelurahan setempat.

Selain bantuan Covid-19 dari Pemko Padang, masyarakat juga menerima bantuan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI bagi 28.594 KK sebesar Rp600 ribu untuk satu bulan yang bisa diambil di Kantor Pos Cabang Padang.

Ada juga Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Provinsi Sumbar kepada 13.415 KK sebesar Rp1,2 juta untuk dua bulan dan diantarkan langsung oleh petugas pos ke rumah masyarakat. [abe]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel